MY THOUGHTS : Body Shaming is bullying, yes or not?


Yay! Finally after a long hectic week because of my college task I can write my blog again! I do really luv my blog so much. Ya jelaslah, entah dibaca atau ngga sama orang ini merupakan suatu kebahagiaan buat saya karena saya bisa menumpahkan isi pikiran saya disini

Well, anyway. Kok gaya ya bahas soal body shaming, but seriously. Akhir-akhir ini sebenernya rada jengkel dengan beberapa warganet, salah satu yang sering banget saya liat tuh gini,  ada cewe cantik ngepost foto bilang, "duh kok jelek banget ya." atau selfie dengan muka mulus dan putihnya, kemudian nulis "muka gue iteman harus diputihin lagi." Entah kenapa seakan ada kekesalan sendiri, bukan gue iri, tapi, "Ihh lo tuh cantik, orang jelek liat ini foto gimana perasaannya." Ataauuu....yang sering banget terjadi, bukan cuma di foto malah ucapan langsung yang kayak gini, "duh gue gendutan ya." "Berat badan gue segini, harus dikurusin." "Atau eh badan gue udah kurus blm?" nanyanya ke orang yang lebih gendut. Sebenernya saya sih cuek aja, ga peduli, ya mau lo gendut, jelek, item, that's not my problem.

Kadang saya mikir, standar cantik, putih, ataupun kurus dimata mereka tuh segimana ya? Apa semodel-model yang jalan di catwalk? Cuma tinggal kulit dan tulang aja. Dibalik kehidupan glamour para model itu mereka juga tersiksa harus nahan makan apa aja, pernah baca di salah satu instagram model salah satu brand ternama (I'm not going to tell what it is) disitu lingkar paha si model cuma kelebihan 2cm aja dan dia udah dilarang jalan di catwalk kemudian langsung dikasih diet ketat yang menurut saya yang makan 3 kali sehari malah kadang nambah itu ketat banget, dan disini saya heran-seheran herannya. Kita cewe yang bebas makan apa aja, ngga ada yang ngatur mau gendut atau kurus kenapa harus maksain banget buat jadi 'lebih' kurus lagi. Gendut atau kurus dimata Tuhan sama kok, perlu gitu harus ngikutin keinginan manusia yang ngga akan puas?

Tapi pernah ga sih kepikiran, saat kamu bilang diri kamu segini kegendutan atau wajah kamu iteman, kalau di luar sana tuh ada orang yang pengen banget bisa punya badan se-kamu, atau mukanya ga harus putih minimal kecoklatan?
Saat kamu bilang kamu gendutan dengan berat badan yang mungkin ngga nyampe 50kg, tapi ternyata kamu punya followers atau teman, atau mungkin orang yang ngga sengaja lewat punya berat badan 70kg gitu? atau 58kg? atau cuma 55kg? pernah ga sih mungkin mereka merasa terhina atau tersakiti?
Kadang mikir sih, sebenernya orang-orang yang kaya gitu beneran ngerasa dirinya gendut atau cuma butuh atensi atau pengakuan dari masyrakat sih, kayak, "Eh ngga kok, badan lo kurus segitu." or "Ih badan lo udah bagus, giman gue blablabla."
Istilahnya lah ya kayak, merendah untuk meroket. Tapi sadar ga sih, hal kayak gitu sama aja kayak body shaming?

Bagi gue, body shaming udah termasuk bully walaupun ada yang secara terang-terangan dan ngga, tapi tetep aja bakal ada orang yang sakit hati didalamnya. Mungkin kamu ga ngerasa tapi sebenernya itu dampaknya ga baik buat orang lain. Salah satu contohnya, ya itu orang jadi ngga percaya diri, bahkan mereka malah mau merubah bagian dari dirinya cuma karena hal ini.

Honestly, saya sendiri pun dulu emang tipikal orang yang mikirin kata orang banget, kadang juga suka nyinyirin orang secara fisik, tapi semakin gede ya sadar sih, hal kayak gitu ga buat diri ini bahagia. Hal yang membuat saya sadar lainnya juga, kalau pujian yang terus-menerus juga ngga akan membuat diri ini bahagia.

Singkat cerita, saat saya curhat soal ini sebut saja ke pacar, dia komentar gini, "kamu kan kurus kok kamu ga suka hal kayak gini, kan ucapannya ga kena ke kamu." Sebenernya yang saya ga suka bukan ucapannya, tapi yang namanya bully, body shaming, fat shaming dan sejenisnya saya ngga suka. Secara ngga langsung, yang saya liat tuh kok kayak semacam butuh pengakuan banget gitu kalau diri kamu udah cantik atau kurus, terus apa faedahnya?
Can we just stop complaining, and love ourselves instead?

Ya mungkin saat kalian mengunggah, "duh gue gendutan." atau "duh muka gue iteman." nanti bakal ada yang jawab dan bakal muji kalian, kalau kamu ga begitu atau kamu kurus/badan kamu udah ideal, etc dan hal kayak gitu udah cukup buat kalian seneng. Terus nanti gimana buat orang-orang yang sakit hati atau malah jadi kehilangan percaya diri hanya karena hal semacam itu? Kita ngga pernah tau kan isi hati orang? :)

So be a smart and share kindness!
Goodnight,
with love.

Irsyaputr

Comments

Popular Posts