[DIY BYIRSYA #1] Melukis di Jeans

Jeans lukis byirsya


Hai guys! Udah lama ngga mampir, jadi hari ini aku mau bahas soal kegiatan aku belakangan ini, yaitu melukis di jeans. Awal mulanya sih terinspirasi dari temen-temen kelas aku. Karena emang jaket jeans sekarang juga lagi in banget, jadi menjamur deh para pengguna jaket jeans, ga sedikit juga dari mereka yang ngubah jaket jeans mereka menjadi lebih keren lagi.

Aku sendiri ngga punya jaket jeans, pernah kepikiran beli cuma kayak sayang uang gitu (?). Ya lebih tepatnya gue emang pelit deh wkwk. So, aku pilih jalan lain, ngga perlu jaket jeans kalau mau berkreasi. Ambil salah satu celana jeans yang ada di lemari, then…let get started.


Alat & Bahan :
  1. Celana jeans (or anything dari bahan jeans, mau dari bahan lain juga gapapa kalau kalian mau berkreasi dengan bahan yang lain).
  2. Papan alas cat (disini kalian bisa pake papan apa aja, papan ujian yang ga kepake juga boleh, karena emang tujuannya cuma buat naro cat dan nyampur warna, jadi ga harus beli)
  3. Pisau Cat (bisa diganti dengan sendok atau sumpit, karena fungsinya hanya untuk mengaduk warna agar tercampur rata dengan air).
  4. Siapkan dua gelas; 1 untuk mencuci kuas, satu lagi air yang selalu bersih untuk cat. Kuas seperlunya sesuai kebutuhan.
  5. Alat tulis; pensil/charchoal, rautan, penggaris. Gunakan sesuai kebutuhan.
  6. Cat akrilik (disini aku pakai merk faber castell, boleh menggunakan merk lain sesuai kemampuan masing-masing aja, kalau cukup yakin dan ada uang buat pakai cat yang lebih mahal, why not? ^^)
Step By Step :
  1. Buat pola dengan pensil/charchoal gambar yang kalian inginkan, saran aku untuk di step pertama ini, ngga perlu gambar terlalu bagus karena nanti akan ditumpuk cat warna putih, jadi buat standar dulu aja.
  2. Setelah selesai, tuangkan cat akrilik warna putih ke alas, beri beberapa tetes air hingga merata, jangan beri air yang terlalu berlebihan karena akan berpengaruh sekali untuk hasil jadinya.
  3. Pada pola yang sudah di buat, tumpuk cat akrilik warna putih, kalau ada yang tanya kenapa sih harus cat warna putih dulu, kenapa ga langsung? Ya, seperti yang kita tau aja, pasti sebelum memulai gambar kita selalu pakai kertas putih kosong kan? Nah istilahnya kayak gitu, biar gambanya lebih muncul dan warnanya lebih bagus makanya ditindih putih sebelumnya. (contoh : seperti di video)
  4. Nah setelah ini, baru buat gambar kalian semenarik mungkin? Kenapa? Kan tinggal warnain aja? Kalau kalian masih ingat dan hafal sama gambar kalian mau lanjut warnain ya, yowes. Tapi kalo aku ngelakuin lineart dulu lah istilahnya, tujuannya untuk mempermudah proses mewarnainya buat aku.
  5. Setelah selesai, beri warna sesuai yang kalian inginkan. Dalam penggunaan akrilik kalian harus hati-hati, karena cat-nya itu cepet banget kering, jadi daripada mubazir coba untuk pertama gunakan warna yang bakal sering digunakan lebih dlu. Dahulukan warna terang dulu, apalagi kalau kuas nya terbatas. Karena kalau warna gelap nanti ditambah lagi warna terang takutnya warnanya jadi kecampur warna gelap. Nah sisanya tinggal kreasi kalian deh! J
Notes: Ingat ya, cat yang digunakan itu akrilik. Jangan pakai cat poster apalagi cat air. Nah untuk beberapa yang nanya di instagram aku, kira-kira bakal luntur ga warnanya? Jawabannya, No.

Nih aku kasih foto jeans aku yang udah di cuci. Untuk hasil yang lebih baik lagi temen aku nyaranin di varnish, nah vernishnya bisa kalian beli di toko alat kesenian, ada varnish khusus akrilik, harganya berkisar 150rb-200rb.

The Details

Comments

Popular Posts