Life Lessons

"Nothing's perferct, the world's not perferct. But it's there for us, trying the best it can; that's what makes it so damn beautiful." ― Roy Mustang, Fullmetal Alchemist
After hectic week akhirnya bisa cerita-cerita lagi di blog. Sekarang mungkin judulnya rada ngena ya life lesson, ya life lesson disini suatu hal yang gue alamin belum lama ini sekitar hampir tiga mingguan yang lalu.
Bukan berusaha untuk terlihat sok baik, bijaksana atau apapun, tapi kejadian ini ngebuat gue terasa kecubit gitu hatinya, bahkan hampir mau nangis. Jadi ceritanya gini, saat itu gue abis dari percetakan yang ada di daerah sekitaran Pondok Cina, Depok. Karena nunggu lumayan lama dan gue juga harus ketempat percetakan lainnya akhirnya gue keluar. Kebetulan gue lagi ngga ada uang cash buat bayar percetakan akhirnya gue nyebrang ke Margo City dan ngambil uang disana, entah kenapa mungkin emang udah masuk mall tiba-tiba gue kepengen coklat. Awalnya gue pengen beli chocolate di Starb**ks aja, tapi tiba-tiba pikiran gue berubah karena menurut gue sayang harus ngeluarin 50ribu sedangkan gue bisa dapet coklat ditempat lain dengan harga yang lebih murah. Masuklah gue ke salah satu tempat, gue pesen coklat dan dapat glazzier donuts for free dengan hanya 38ribu. Disitu gue udah ngerasa itu cukup murah. Well, keluarlah gue dari sana sambil jalan ngabisin coklat gue dengan bahagia dan senangnya, setelah itu gue nyebrang karena mau nyetak merchandise, keluar dari percetakan itu gue buang sampah gue tadi ke tempatnya (well, gue tipikal orang yang ngga suka buang sampah sembarangan). Saat itu diseberang gue ada orang gila atau ya orang keterbelakangan mental. Pakaiannya lusuh, pake daster pula tapi cowo, kulitnya hitam ngga pake sendal dan rambutnya gimbal, dia semacam ngorek-ngorek got yang ada bekas sampah-sampahnya. Disitu gue terdiam, entah kenapa gue kayak ngga bisa jalan, disisi lain gue pengen nyamperin orang itu, disisi lain gue juga takut, takut gue kenapa-napa atau di apa-apain padahal itu siang dan rame. Gotnya emang ga ada airnya adanya kayak semacam rumput, disitu ada sampah, mungkin ada orang yang emang terlalu malas buang sampah pada tempatnya sehingga ada disitu.
Karena gue harus cepat akhirnya gue jalan, gue ngelewatin orang gila itu yang masih sibuk nyari sampah tapi pandangan gue tetep bolak-balik ke belakang, dan.....voila! I saw him! dia kayak laper gitu dan akhirnya makan-makanan yg dia temuin, jadi dia makan kayak semacam bekas saus dari makanan apa entah sebelumnya, dan udah jelas udah kotor, karena kondisinya itu udah dibuang.
Gue ngeliatnya sedikit mual, karena manusia normal mana yang mau makan itu. Ngga tau bagaimana orang memperlakukan dia secara buruk tapi yang gue tau dia pasti juga punya perasaan dan ingin diperlakukan baik layaknya manusia normal.
Jujur, disitu gue ngga tahan gue rasanya mau nangis, tapi satu penyesalan yang gue rasaian kenapa gue ga balik aja dan beliin dia makanan, andaikan gue ga asala melangkah maju, sampai rumah gue kepikiran pengen banget rasanya ngasih dia makan. Gue ngeluarin uang untuk coklat yang mungkin pemilik J.c* udah kaya dan uang 38ribu ga ada apa-apanya buat dia. Satu hal yang gue tau, disini kita cenderung memandang manusia sebelah mata, mentang-mentang dia gila dan ga normal kayak kita bukan berarti dia ga boleh makan-makanan yang enak dan sehat.
Sebenernya hal ini juga ngingetin gue sama tugas Bahasa Inggris gue waktu itu tentang Mental Health in Indonesia. Di negara kita, orang dengan gangguang jiwa masih belum diatasi dengan baik bahkan Rumah sakit Jiwa aja juga belum menjadi tempat yang aman untuk mereka. Disini gue emang mungkin belum bisa melakukan apa-apa, tapi gue sengaja nulis ini dengan harapan semoga siapapun yang ngebaca ini bisa melakukan lebih baik daripada yang bisa gue lakuin, gue menyesal ga bisa ngasih makan ke orang gila waktu itu, semoga kalian atau siapapun yang baca mungkin bisa memberi lebih, ngga harus makanan mungkin hanya mineral water atau sendal biar kaki mereka ga sakit lagi selama jalan kan? Segitu aja sih.
Ya dunia emang ngga sempurna, manusia juga ngga sempurna, tapi itu yang kita punya, cuma perlu bersyukur akan apa yang ada aja dan gaperlu menuntut apa yang kita ga punya atau bukan milik kita rasanya cukup hanya untuk selalu bersyukur kan?

Selamat Malam, teman-teman.

Comments

Popular Posts